Meningkatkan nilai Indek Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa STIKOM PGRI Banyuwangi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya bisa dimulai dari penerimaan mahasiswa baru dengan melihat nilai UN (Ujian Nasional) dan jurusan pada saat di SLTA. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan jenis desain faktor pengolahannya menggunakan program MINITAB sedangkan datanya adalah mahasiswa angkata 2011 jurusan Teknik informatika Hasil penelitian ini bisa untuk perbaikan kualitas, yaitu tidak ada perbedaan/pengaruh yang berarti antar level dalam faktor jurusan terhadap nilai IPK, tidak ada perbedaan/pengaruh yang berarti antar level dalam faktor nilai UN terhadap nilai IPK, tidak ada perbedaan/pengaruh yang berarti interaksi antar faktor terhadap nilai IPK, Pada gambar 2 plot memperlihatkan bahwa jurusan IPA dan nilai UN memiliki pengaruh besar terhadap nilai IPK dan kedua janis faktor tersebut memiliki pengaruh yang sejajar, Sedangkan gambar 1 plot interaksi antar faktor ada perbedaan rata-rata nilai IPK antar jurusan saat di SLTA pada nilai UN baik dan tidak ada perbedaan rata-rata nilai IPK antar jurusan saat di SLTA pada nilai UN Kurang. Kata kunci : UN, jurusan SLTA, IPK,desain fakor