Dalam kondisi Pandemi covid-19 ini perlu adanya strtegi marketing yang harus berbeda dari biasanya. Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Untuk mengatasi permasalahan dalam masa pandemi tersebut maka harus dibuatkan metode untuk tetap melaksanakan pembelajaran tapi tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna menekan angka penyebaran covid-19, sehingga perlu adanya strategi bisnis dan pemasaran online agar roda perekonomian tetap berjalan dengan seperti biasa.
Dari pelatihan ini diharapkan para pelaku bisnis tetap dapat mempromosikan produknya dengan media internet, sehingga roda perekonomian tetap berjalan dengan normal dan dapat menambah pendapatan yang lebih baik lagi.
Kata Kunci : UMKM, NU, Pelatihan, E-Commerce