Machine Learning, adalah ilmu yang bersangkutan dengan pngembangan algoritma dan desain. Tujuan machine learning ini adalah mendesain algoritma yang mengenali pola-pola rumit dan mengambil sebuah keputusan cerdas berdasarkan masukan. Dengan kerumitan dalam mendesain sebuah algoritma tersebut membuat sebagian orang lebih tertarik dan mengerti sebuah pembelajaran melalui sebuah permainan dalam hal ini adalah game edukasi. Game edukasi yang merupakan salah satu contoh dari genre game yang memiliki nilai-nilai edukasi yang terkandung di dalamnya sehingga orang yang memainkan game tersebut akan mendapatkan manfaat edukasi atau pembelajaran. Dari permasalahan di atas perlu adanya sebuah penelitian tentang pembelajaran machine learning menggunakan sebuah media game edukasi. Game yang sederhana namun dapat membantu dalam penentuan keputusan dan pendesainan algoritma yang tepat adalah game labirin. Game labirin ini bertujuan untuk menemukan jalur pada labirin menggunakan algoritma Brute Force dan Bayes. Dalam alur game ini ada beberapa langkah, pembangkitan labirin masing-masing level, penghitungan masing-masing jalur, penentuan jalur terpendek dan pembelajaran masing-masing rintangan. Pada pembuatan game edukasi ini menggunakan alur cerita pewayangan gatotkaca, sehingga diharapkan mampu membantu pemahaman pembelajaran machine learning dalam penentuan jalur terpendek dari game labirin dengan tampilan yang menarik.
Kata kunci - Game Edukasi, Game gatotkaca, Game Labirin, Machine Learning