Perkembangan ilmu dan teknologi semakin cepat kemajuannya, sehingga pada saat ini industri percetakan sudah semakin komplit dan modern. Perusahaan percetakan di Indonesia berkembang dengan pesat, baik dalam skala besar, menengah maupun skala kecil. Perkembangan ini juga terjadi di Kota Banyuwangi di mana terdapat berbagai perusahaan percetakan dalam jumlah yang cukup banyak. Perkembangan jumlah perusahaan percetakan tersebut mengakibatkan semakin tingginya persaingan usaha di bidang tersebut. Percetakan Marking Advertising merupakan salah satu usaha percetakan UMKM di Kota Banyuwangi yang memiliki potensi pasar tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pesanan yang ada dipercetakan Marking Advertising yang dikategorikan bagus karena pendapatan pertahunnya mengalami peningkatan dalam kurun waktu lima tahun terakhir.
Dalam menganalisis proses pengelolaan dari Percetakan Marking Advertising, mengetahui permasalahan serta kendala apa saja yang muncul pada proses pengelolaan Percetakan Marking Advertising, mengetahui ukuran kinerja Percetakan Marking Advertising, menganalisis data-data dan menyimpulkan solusi permasalahan yang tepat untuk meningkatkan proses pengelolaan Percetakan Marking Advertising serta memanfaatkan teknologi informasi secara lebih optimal untuk proses pengelolaan Percetakan Marking Advertising.
Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Analisis dilakukan sesuai dengan metode yang dipilih pada tiap tahapan aktivitas peningkatan proses pengelolaan. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa promosi adalah proses yang harus ditingkatkan. Solusi untuk meningkatkan promosi percetakan aitu membuat website yang ditujukan untuk e-commerce sebagai wadah promosi percetakan Marking kepada pelanggan dan masyarakat Banyuwangi pada umumnya.