Perkembangan teknologi sekarang ini terjadi dengan sangat pesat, baik teknologi komunikasi maupun teknologi di bagian informasi. Akan sangat berguna jika perkembangan teknologi yang sedang berjalan di imbangi dengan perkembangan dalam dunia pendidikan anak, dimana pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut secara efektif. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Sering sekali anak-anak mengalami kesulitan pemahaman dalam proses belajar, khususnya dalam belajar bahasa arab. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya media pembelajaran yang lebih baik untuk membuat anak-anak lebih tertarik dalam mempelajari Bahasa Arab. Dengan metode technology Immersion, media pembelajaran yang akan dibuat akan dapat terealisasi dengan baik, karena metode ini dilakukan dengan observasi langsung pada objek penelitian. Hasil pengujian usability pertama memberikan beberapa masukan yang penting mengenai tingkat efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pengguna terhadap aplikasi, masukan ini digunakan sebagai panduan untuk perbaikan aplikasi. Setelah dilakukan perbaikan, dilakukan kembali pengujian usability yang ke-2. Hasil pengujian usability ke-2 menunjukkan adanya peningkatan nilai usability dari 56% menjadi 81%. Hal ini menunjukkan bahwa pengujian usability penting dilakukan dalam pengembangan aplikasi untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan responden.
Kata kunci – Bahasa Arab, Media Pembelajaran, Multimedia, Technology Immersion